KUY PKL


Namanya aja "PKL"


Halo semuanya, maaaf ya baru ngepost lagi. hehe soalnya lagi banyak urusan nih. dari ujian semester dan persiapan wisuda dan yang paling menegangkan tes TKD . makasih atas doanya ya, ujian-ujian telah saya lalui dengan mulus :) oh iya, saya sekarang lagi on the job training nih atau disingkat "OJT", jadi sebelum kita meluncur di dunia kerja, kita harus mengerti dulu apa tugas-tugas yang ada di kantor masing-masing. dan pastinya ada kaka tingkat yang ngebimbing buat OJT. ok kita kembali ke judul hehe :)
 http://sueking96.blogspot.co.id/2017/02/kuy-pkl.html

jadi setelah semester 1 dan semester 2 kulalui, akhirnya datang juga yang namanya PKL, kalo di universitas negeri diberi waktu PKL sampai berbulan-bulan, tapi kalo di STAN, anak D1 3 minggu, dan anak D3 5 minggu. dan kami D1 tidak membuat laporan, cuma presentasi aja di depan pembimbing. ok next hehe, sebelum PKL, kita disuruh pilih mau PKL di KPP mana, dan saat itu saya berpikir, kalau PKL di luar palembang pasti nyari kosan lagi, biaya makan lagi, dan kendaraan lagi. kalau pilih di homebase malah ga diterima, soalnya persyaratan harus 10 orang/kantor. dan saya mengumpulkan niat untuk tetap di Palembang, dan saya memilih KPP Pratama Seberang Ulu, karena kami cukup bersepuluh.

PKL pun dimulai, temen kosan saya ada yang pulang kampung, seperti ke lampung dan lahat. nah, sebenarnya kami sekosan bertujuh, dan 4 orang memilih di KPP Pratama Seberang Ulu, 2 orangnya ke Lahat dan Lampung, satunya lagi Bea Cukai dia memilih di Palembang. nah kami berempat di KPP seberang ulu, 2 orangnya memilih untuk nyari kosan deket kantor karena takut terlambat.  saya dan temen saya yang satunya lagi berniat untuk naik motor aja pulang pergi walaupun agak jauh sih, dan macetnya masyaallah, dan harus bangun pagi-pagi banget.   

Dihari pertama PKL, kami disambut sangat hangat dari satpam dan pegawai-pegawai yang ada di KPP Pratama Seberang Ulu, dan kami pun langsung masuk ke bagian umum, dan kami di antar mengelilingi seksi-seksi apa aja yang ada di kantor tsb, stetelah itu kami disuruh tunggu di ruangan untuk bertemu kepala sekolah hehe, nah kepala sekolah disini ialah pegawai fungsional pemeriksa dari KPP Pratama Seberang Ulu, kami dibimbing dan memperkenalkan diri satu persatu, setelah itu mengisi biodata untuk jadi arsip mereka. nah dan pada akhirnya kami dirolling deh ke seksi masing-masing. ok jadi gini, anak D1 PKLnya 3 minggu, nah saya kebagian di seksi Penagihan, Pelayanan, dan Waskon 2. ok ke paragraf berikutnya...

Saya menceritakan pengalaman saya di penagihan, sebenarnya di seksi penagihan itu sendiri saya ditempatkan dibagian surat masuk, kalau ada surat masuk ya udah diinput ke exxel setelah itu di print deh disposisinya. selama di penagihan sih, tidak ada pengalaman terlalu dikenang haha, yah namanya aja masih PKL, ya udah kerjanya mah itu-itu doang nginput surat masuk. tapi saya sempat tanya-tanya sih ke pegawai yang ada di penagihan, seperti alur penagihan kayak menyampaikan surat teguran dan paksa. namanya aja masih PKL jadi kita gak disuruh tuh buat nganter surat-surat kayak gituan. di KPP Seberang Ulu, ada 1 pelaksana, dan 2 Jurusita. Next

nah, diminggu kedua saya di Seksi Pelayanan, nah ini nih, yang banyak kenangan hehe, di hari pertama kedua sampai hari ketiga, saya berada di backoffice, jadi menginput surat-surat lagi -_- nah tapi ada pekerjaan yang lain seperti menyeken surat . namanya aja PKL haha. dan hari keempat saya berada di TPT(tempat pelayanan terpadu) nah disitu tuh saya belajar membuat NPWP dan laporan, dari orang pribadi sampai badan. laporan spt tahunan dan spt masa. yah namanya masih PKL jdi belajar aja dulu, saya tidak melayani wajib pajak secara langsung takut salah hehe. jadi saya cuma diam dan memperhatikan prosedurnya aja. lagi-lagi namanya aja PKL.

ok finally, saya di Waskon 2 diminggu terakhir, ini sama seperti penagihan, yah kerjanya cuma nginput surat masuk aja haha, tapi di hari terakhir saya mengantar surat ke rumah-rumah, tapi bersama AR dan Kepala Seksinya. kami naik mobil tuh nganter surat ke RT dan Satpam. ane sih lupa surat apa yang di antar, katanya sih mau buat acara konsultasi di outdoor.

nah itu aja sih pengalaman ane PKL, dari nginput surat masuk, nyeken, fotocopy dan steples wkwk namanya aja masih PKL, kerja yang ikhlas aja semoga jadi bekal buat kerja saya nanti. hehe yang mau PKL semangat yah. 
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar