PERJUANGAN MASUK PKN-STAN



Perjuangan Masuk PKN-STAN
 EPS 1 "tersenyumlah walau kau merasa pahit"

hallo blogger, kali ini saya akan sedikit membagi pengalaman menyedihkan dan mengharukan tentang "tersenyumlah walau kau merasa pahit" hehe.. 
kenalkan nama saya Ardiansyah Sue, biasa di panggil Ancha. Saya lahir di Palu, Sulawesi Tengah. Tau kan Palu itu dimana ? -_- saya anak ke 3 dari 5 bersaudara dan saya alhamdulillah laki-laki. langsung aja yaah hehe gak usah panjang lebar perkenalannya.
http://sueking96.blogspot.co.id/2016/04/perjuangan-masuk-pkn-stan.html



mmm, dimulai dari kelulusan SMA, sebelum kelulusan saya sudah bercita-cita dan pengen banget kuliah di kampus ini, dan saya memulainya dan mengambil keputusan buat bimbel di jakarta. kenapa harus bimbel ? yang gak bimbel aja bisa lulus. yah jawabannya karena saya gak tau apa-apa tentang soal-soal STAN, dan rejeki tuhan gak ada yang tau. skip, hehe. setelah itu, pengumuman pun tiba, dan akhirnya saya lulus tapi belum ada nilainya, masih keterangan "Lulus" . setelah itu saya langsung tuh bilang ke ibu saya mau berangkat ke Jakarta, yang ada monasnya tuh tau kan ? aku sempet merasa sedih buat ninggalin orang tua, dan Palu-Jakarta itu jauh. pasti banyak pengeluaran duit buat biaya hidup, kos, dan lain-lain. dan ayah saya sudah meninggal, jadi ibu saya yang mengurusi sendirian anak anaknya. skip, jangan sedih ceritanya masih panjang. :D
saat di bandara, ibu saya menangis saya pun ikut sedih, dan akhirnya seiiring berjalannya waktu ibu saya akhirnya merelakan saya pergi, yup karena pesawatnya sudah mau berangkat hehe, takut ketinggalan pesawat. saya di beri bekal buat makan 3 hari di jakarta, sekalian buat ngirit biaya makan. dan saya pun pergi cusss terbang di angkasa selama 2 jam 45 menit.
sesampai di bandara Soekarno Hatta, saya langsung tuh keluar nyari taxi, eh yang nawarin malah bapak2 travel, dan saya ditawari 350 ribu buat ke tempat alamat bimbel yang saya kunjungi. waitt,, saya sempet lupa, saya bersama teman-teman saya dari palu juga, namanya Tomi, dan Fathul. mereka juga pengen bimbel, yup kita satu sekolah dan satu impian yaitu lulus Pkn Stan. skip...
lanjut yah, setelah sampai di tempat tujuan ternyata kami ditipu bapak-bapak itu, harganya kemahalan. sebenarnya harganya cuma 120rbu tuh kalau dari bandara ke bintaro. yah gapapalah maklum pengalaman wkwk. 
sampai di tempat tujuan, kami langsung di sambut hangat oleh pemilik bimbel, nah yang bikin seneng lagi kami tinggal 2 hari di rumah yang udah disiapin, berasa seperti raja haha. dan pada akhirnya kami di hari pertama istirahat sembari membersihkan dan merapikan barang-barang bawaan. keesokan harinya, kami di ajakin jalan-jalan sama temen yang tinggal di jakarta tuh, yaelah bukannya belajar malah main hehe yup cari pengalaman lagi. dan ternyata ketika kami main, pemilik bimbel nyariin kita. yahh kami di usir secara halus dari rumah itu, karena kunci rumah kami bawa. hehe, tapi kami di cariin kosan yang deket bimbel, alhamdulillah mereka masih baik, 
kami memilih kosan yang paling murah, karena budget ga cukup sedih. setelah dicariin kosan, kami langsung istirahat buat besok bimbelnya udah dimulai. 
Keesokan harinya, pagi yang cerah membuat kami semangat untuk belajar, kami langsung aja tuh ke bimbel, mau liat jadwal hari apa aja bimbingannya. dan ternyata seminggu tuh 3x belajar dan 1x Try Out . saya dapatnya hari senin, rabu, jumat. oouh ia lupa, saya tidak ikut perpisahan, dan saya belum tau tuh nilai aku berapa, dan setelah liat nilai rata-rata buat mendaftar Stan ialah 7.0, dan nilaiku 7,18. hampir aja gak nyampe nilainya -_-. hari demi hari kulalui, yahh belajar tentang soal-soal Stan, hingga akhirnya pembukaan SBMPTN dan sekolah kedinasan lain udah buka. parahnya dan saking percaya dirinya, saya tidak mengikuti SBMPTN dan sekolah kedinasan lainnya, saya hanya berharap sama Stan, dan sangat-sangat berharap bisa lulus di Stan. yup, jadi lupa, disini saya Tes USM STAN 2014, jadi masih bisa tuh daftar lebih dari 1 sekolah kedinasan. skip....
hari semakin berlalu, hingga saatnya pendaftaran dan verifikasi dimulai, eit, sedikit cerita, aku lagi verifikasi ternyata terhambat di penghitungan nilai, kata panitianya nilai rata-rataku gak nyampe 7,0. sampai hitungannya diulangi 3x, jadinya saya panik, padahal aku ngitungnya lebih kok 7,0, ternyata eh ternyata panitianya salah ngitung. -_- yahh legah deh, akhirnya selesai juga masalahnya. heheh, setelah mendapat BPU, saya sangat bersemangat lagi tuh buat belajar, karena waktu buat Tes USM STAN udah deket, jadi deg-degan.
yup, ini adalah hari dimana besok sudah dimulai Tes USM STAN, saya menelfon orang tua dan meminta restu, serta teman-teman dan keluarga agar saat mengerjakan dimudahkan, keesokan harinya pun tiba, saya bergegas tuh ke bimbel buat ngumpul karena ke GBK (gelora bung karno) bareng teman-teman yang lain, naik bus sekitar 30 menitan. dan saya panik, gak bisa berbuat apa-apa, semakin panik dan panik akhirnya saya tidur, orang-orang pada belajar tuh di bus aku malah tidur.
sampai di GBK, saya semakin deg degan, dan sempet keringat dingin. melihat ratusan ribu orang yang mendaftar dan menjadi sainganku, dan sampai di dalam GBK saya masih melihat orang-orang disekitar saya belajar, dan saking paniknya akupun ikut belajar, ternyata belajar tak effisien, membuat pikiranku jadi kacau, ntah mengapa saya jadi orang bodoh di hadapan orang banyak. 
Tes pun dimulai, saya bingung harus ngerjain yang mana dulu, pikiranku kacau ntah kemana. mungkin panik atau apalah, waktu terus berjalan, dan yang aku kerjain cuma dikit, yahh aku ngasal aja deh, aku bener-bener gak tau apa yang harus aku lakukan, sempat sekilas aku mikirin orang tua dirumah, jika saya tidak lulus aku harus kuliah dimana? biaya kuliah itu mahal. dan tiap hari aku semakin tidak percaya diri, gelisah menghantui. ibuku selalu menanyakan gimana hasilnya, dan dia selalu berdoa agar anaknya sukses, dan akupun memutuskan untuk pulang, aku menunggu pengumuman kelulusan tahap 1 di rumah aja.
beberapa hari kemudian aku udah pulang dan nyampe dirumah pada malam hari sekitar jam 9 malam, nah pada hari itu ialah bulan puasa, aku semakin panik aja nih nungguin pengumuman, pengumuman dijadwalkan 2 minggu setelah ujian tahap 1, dan ternyata pengumumannya di percepat, orang-orang di grup line pada ngucapin selamat atas kelulusannya, aku bingung ini pengumuman apa, eh ternyata pengumuman Stan udah keluar, sempat merasa down gak mau liat hasilnya kayak gimana, hati ini terasa berat untuk melihatnya, teman-teman yang lain udah pada nanyaiin "ancha kamu lulus gak ?" aku semakin penasaran dengan hasilnya, dan pada akhirnya kumantapkan hati ini, saat saya membuka servernya, ternyata servernya down, mungkin servernya penuh, karena banyak yang ngunjungin. aku tunggu deh 5 menit kemudian, setelah itu ternyata bisa kebuka, dan aku mencari nama ku di pencarian, ternyata ......


TIDAK LULUS


aku harus bagaimana ? apa yang harus aku bilang ke orang tua saya ? aku sangat sedih melihat pengumuman itu, serasa ini hanya mimpi, dan aku ngecek lagi tetap aja nama aku gak ada :( aku cepat-cepat ke kamar, sempet mengeluarkan air mata, mungkin ini bukan rezeki bagi saya. dan saya mengingat apa kesalahan saya selama saya bimbel, dan apa kesalahan saya saat saya melakukan aktifitas sehari-hari, aku benar-benar malu atas pengumuman ini, dan akhirnya aku memberitahukan kepada ibu saya, saya melihat dia lagi terbaring istirahat, tanpa pikir panjang aku langsung aja bilang hasilnya ke ibu saya, "mama, maaf saya tidak bisa jadi orang yang membanggakan buat mama, saya minta maaf, mungkin ini bukan rezeki bagi saya, saya sangat minta maaf. hasilnya udah keluar dan saya tidak lulus" orang tua saya tidak bisa berkata apa-apa, dia hanya bisa menangis dan sangat sedih. akupun keluar dari kamarnya, karena aku tidak kuat apabila melihat ibu saya menangis. dan ternyata saya di panggil olehnya, dia berkata "nak, jangan putus asa, rezeki udah ada yang atur, jangan patah semangat, pasti kau membuat kesalahan yang membuat kamu gagal" kata-kata itu membuat saya berpikir sejenak, apakah salah saya? ternyata, salah saya ialah, saya meminta kepada Tuhan agar diberikan kelulusan dan rezeki aku di STAN tapi aku malah tidak beribadah kepadanya. 

"jangan perah berhenti berharap dan berdoa, karena Allah lebih tau saat yang tepat mengabulkan permintaanmu"


episode 2 coming soon yang berjudul "tuhan telah menjawab doamu" lanjutan dari episode 1
see you :)
.
.
.
.






7 komentar:

  1. Semangat Bung Perjuanganmu belumlah selesai masih banyak ujian-ujian lain yang akan datang. Dan jangan lupakan teman seperjuanganmu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ada om bea cukai, kita kan senasib haha

      Hapus
  2. Lanjutannya kapan nih? Penasaran haha.

    BalasHapus
  3. Gudluck... nculs :D Nice story!

    BalasHapus
  4. ohh, kakak ini yang kak ancha, lht yg part 2 baru part 1 soalny.. kos di bu joko kan kak.. wahwahh...

    BalasHapus