Perjuangan Masuk PKN-STAN


Episode 2
"Tuhan telah menjawab doamu"

hallo calon stanners!! kali ini saya akan melanjutkan cerita di episode kemaren, yaelah kayak sinetron aja episode-episode. nah dari judul udah pasti tau kan di akhir ceritanya kayak gimana ??? tapi jangan tebak-tebakan yah, dalam cerita kali ini ada hal yang paling tidak terduga dan itu adalah bumbu spesial dari episode kali ini, kenapa sih bisa lulus PKN-STAN ?? nyogok ya ?? istigfar dek, Kampus ini benar-benar murni tidak menerima namanya sogokan :) jadi berbanggalah kalian bisa lulus disini dan mengalahkan ratusan ribu pendaftar. gak usah panjang lebar , langsung aja ceritanya yah hehe :)

nah, setelah pengumuman kelulusan tahap 1 USM STAN tahun 2014, aku mengurung diri di kamar selama 3 hari, aku memang pengen benar-benar sendiri, tidak mau di gangguin siapapun. dan aku malu bertemu teman-teman dan keluargaku, jadi kerjaanku selama di kamar itu merenung dan nyari inspirasi serta nyari-nyari pendaftaran universitas swasta dan negeri. yup, kerjaanku cuma makan keluar kamar, tidur, bangun, makan tidur lagi, gitu-gitu aja sampai 3 hari. dan akhirnya aku lelah dan merasa bodoh jika begini terus, setelah itu aku memutuskan untuk kuliah, tapi belum tau kuliahnya dimana, kakak aku menyuruhku untuk kuliah di makassar, dan orang tuaku menyuruh saya kuliah di palu aja supaya deket dan tidak ada tambahan ongkos buat kehidupan sehari-hari. dan aku putuskan untuk kuliah di palu aja, agar orang tuaku tidak kesusahan. dan pada akhirnya karena kepedean untuk tidak ikut sbmptn aku ikut jalur umum, aku mendaftar di universitas tadulako tepatnya di palu teman, sulawesi tengah. ada di peta kok tenang hehe. nah, setelah mendaftar tuh aku nungguin tanggal tes nya, dan aku bener-bener tidak belajar untuk ikut tesnya, aku udah patah semangat setelah hasil dari pengumuman USM STAN, mau pegang buku aja udah malas, kayaknya otak ini sudah tidak menerima, oh iya kelupaan, aku mendaftar di fakultas teknik jurusan teknik geologi, nah itu jurusan baru dan menerima 54 siswa, yang mendaftar ribuan diterima cuma segitu, dan akhirnya saya mulai tidak percaya diri, takut gagal ke dua kalinya. aku berserah diri aja kepada Allah SWT, toh kalaupun lulus saya sangat bersyukur bisa kuliah.

nah, hari ini adalah hari tesnya, aku langsung aja tuh nyari ruanganku dan ternyata duduk paling depan, setelah menunggu, aku tidur dikit, merefresh otak hehe, dan akhirnya kebangun saat pengawasnya masuk, tespun dimulai, akupun berdoa semoga dilancarkan, nah di soal-soal lembaran pertama tuh ternyata soalnya seperti usm stan, dan alhamdulillah lancar, yup di lembaran kedua tuh soal-soal ipa, masyaallah itu susah banget, aku angkat tangan dah kalau soal kek gituan, apaboleh buat aku ngasal aja deh, tangan ini serasa lancar wkwkw, nah setelah selesai mengerjakan akupun berdoa lagi, dan kali ini saya berdoa "aku pasrah padamu ya Allah, jika rezekiku aku sangat berterima kasih padamu ya Allah." dan akupun pulang kerumah, dan kembali seperti biasa dikamar mengurung diri, tapi kali ini saya sudah mulai terbiasa berkomunikasi sama mama saya, akupun menunggu pengumuman kelulusan masih aja takut, jikalau tidak lulus mau kuliah dimana lagi ? pasti aku jadi pengangguran lagi. katanya sih pengumumannya bisa diliat di koran, nah keesokan paginya tuh aku beli koran, udah pagi-pagi banget tuh aku nyari koran, cuma mau liat lulus apa kagak, dan ternyata
.
.
.
pengumumannya besok, diundur deh, kali ini memang kayaknya aku tidak yakin deh lulus, soalnya jurusan itu cuma menerima 54 orang -_-, yang mendaftar ribuan. nah keesokan paginya aku beli lagi tuh koran, dan aku melihat ternyata pengumumannya udah keluar, namaku ternyata tertera disitu hehe, akhirnya LULUS. aku sangat senang tuh, akhirnya bisa kuliah, dan emang aku suka dengan tipe-tipe pertambangan dan bebatuan jadi mungkin aku bisa menjalaninya. dan melihat uang kuliahnya per semester tidak terlalu berat, yah sekitar 1,5 juta. nah aku pulang tuh kerumah dan beritahu orang tua bahwa saya lulus, sampai dirumah mama saya senang dengan hasilnya, dan akupun ikut senang juga, yah mulai deh aku nyari-nyari info dan mengikuti kegiatan ospek serta kegiatan-kegiatan kampus lain, aku ikutin aja tuh tahap demi tahap perkuliahan, dan ternyata kuliah itu tak seenak yang di bayangkan, mulai tuh buat laporan dan praktek-praktek lapangan, namanya juga jurusan geologi yah prakteknya di pedesaan. tau kan teman, kalau mau praktek itu tidak gratis, nah disitulah mulai deh pengeluaran-pengeluaran pekuliahan, aku pun merasa agak memberatkan orang tuaku, anaknya 5 dan saya ke tiga, masih banyak yang dibiayai bukan hanya saya. aku akhirnya nyari pekerjaan, dan aku tuh mau nyoba-nyoba aja kerja itu kayk gimana hehe, dan akupun kerja jualan martabak manis, tapi aku bertahan cuma sampai 2 hari ya ampun :(, soalnya jadwal kuliah dan tugas menumpuk bertabrakan terus pada saat saya jualan. aku jualan martabak manis tuh seperti martabak bandung 21 wkwk, di piinggir jalan, yah aku juga niatnya sih buat ringanin beban orang tua, dan ternyata tidak berjalan dengan lancar. mulai deh aku merasa bosan dan merasa kuliah itu berat, dan di pikiranku tuh masih aja inget-inget tentang STAN, kuliah pun gak fokus, sering di rumah temen kalau kuliahnya lambat masuk, bener-bener aku udah gak niat seperti awal kuliah lagi, laporan aja udah gak dibuat, pokoknya bener-bener parah deh, 
semester 1 pun selesai, aku bulatkan tekad dan niat untuk kembali ke jakarta di bulan januari, nah jadi aku minta izin tuh ke orang tua ikut STAN lagi, dan mau ke jakarta buat bimbel, dan orang tua dan kakak mengizinkan untuk pergi. nah, aku udah mulai tuh ngurusin surat cuti kuliah, ternyata ngurusnya ribet banget, aku ngurusnya sampai 4 hari. dan selesai deh, aku pamit ke teman-teman di geologi untuk mendoakan saya semoga sukses kedepannya, dan mereka menerima secara baik saya pergi untuk mengejar cita-cita saya selama ini, aku mulai deh packing-packing untuk berangkat, nah aku berangkat tanggal 25 januari, yup itu tanggal jadian mantan saya wkwk, kok malah bahas mantan, Skip! aku minta restu sama orang tua dan kakak saya, mereka menitip pesan untuk serius belajarnya, jangan sia-siain lagi, ini tahun terakhir buat saya ikut USM STAN, jika tak lulus bener-bener aku anak yang mengecewakan, kami berpelukan di bandara, dan air mata sang ibu keluar dengan perlahan, jatuh ke lantai dan membuat saya sedih bercampur bangga jika saya kembali membawa kabar gembira, akhirnya saya berangkat deh, dengan doa dan berjanji akan Lulus di tahun 2015.

sampai di jakarta, aku kembali lagi deh ke alam ini hehe, macet dimana-mana, polusi, semuanya lengkap. aku diberikan bekal buat makan 3 hari, yup buat ngirit sobat, jadi perantau itu gampang, yang penting tau mengondisikan kantong. aku kembali kesini tidak lagi ditipu sama om-om travel, aku naik taksi aja, lebih murah 130 ribu nyampe di tempat. dan sampai di bimbel, aku di sambut hangat oleh pemiliknya hehe, kali ini bukan di anggap raja lagi, tapi kali ini saya di anggap saudaranya. nah saya diberi penawaran tuh, nginep di bimbel aja gak usah ngekost, gak keluar biaya lagi, nah setelah saya pikir-pikir ternyata bener juga, nah akupun akhirnya tinggal di bimbel, tidak nyari kosan lagi, ternyata eh ternyata aku disuruh kerja di bimbel, nyapu, ngepel, jaga bimbel, gitu2 aja tiap hari, dan akhirnya aku lelah dengan semua ini, niatnya mau belajar eh malah jadi tukang bersih-bersih, akhirnya tak bertahan lama, saya pun keluar dari bimbel itu, aku tak pamit dengan pemiliknya, aku langsung aja tuh keluar, nyari kosan murah, eh akhirnya dapat tuh harga kosan 500 ribu udah dengan kamar mandi dalem, akupun lega dan belajar dengan tenang di kosan, tanpa kerja dan bersih-bersih lagi. eit, bimbel belum dimulai yah pada bulan januari, maksudnya gak tiap hari jadwalnya, jadi jadwal bimbel itu seminggu cuma sekali doang, yaitu hari minggu. nah karena aku keluar tanpa pamit terlebih dahulu sama pemiliknya, aku jadi takut tuh ke bimbel, jadi aku belajar di kosan aja deh sampai bimbel bener2 intensif belajarnya. nah, aku tuh belajar di kosan sampai 2 bulan, aku cuma ikutan Try Out yang diadaiin sama anak stan, karena bimbel belum dimulai, jadi aku di kosan aja hehe.

hari demi hari berlalu, pada bulan maret aku mendengar kabar bahwa bimbel udah belajar intensif, nah cepet-cepet tuh aku nelfon orang tua, ternyata dan ternyata aku disuruh ngambil kelas bimbel yang paling mahal yang bergaransi, mau tau harganya ? harganya 25 juta. setelah aku pikir-pikir, ini adalah kesempatan terakhirku, jadi aku iya iyaiin aja, nah pada keesokan harinya orang tua aku nelfon lagi, dan ternyata uangnya udah dikirim tuh 25 juta, aku kaget, kiraiin itu becandaaan. ternyata orang tuaku pengen banget aku lulus STAN, sampai segitunya dia berusaha agar aku bisa belajar rutin dan sungguh-sungguh, awal-awalnya aku iyaiya aja, tapi hati ini menolak untuk memakai uang tersebut, semisal aku lulus, uang itu tidak dikembalikan, dan kalau saya tidak lulus, uang itu di kembalikan separuh. itu adalah perjanjian dari bimbel yang sudah ditetapin, aku masih pikir-pikir dulu, uang ini mau diapaiin. ini adalah amanah orang tuaku, tapi hati ini mengatakan jangan, aku berpikir masih ada adik-adikku sekolah, dan butuh biaya, kakaku dan lain-lain, semua butuh biaya, aku tak mau menjadi anak yang nyusahin orang tua, dan kami 5 bersaudara, semua butuh biaya. aku bingung dan bimbang, dan pada akhirnya aku memutuskan untuk mengambil kelas yang paling murah, yahhh sekitar 1,5 juta. tapi sebelum itu aku bilang ke kakak aku dulu, dan aku bilang dan curhat kedia lewat telfon, aku sempet netesin air mata curhat ke dia tentang uang ini mau diapaiin, aku tidak mau jadi anak yang nyusahin, dan akhirnya kakakku melepaskan seluruhnya kepada saya, uang itu mau diapaiin terserah asal berguna, dan akhirnya aku dan kakaku berbohong ke orang tua demi kebaikan bersama. yup, mungkin cuma Allah yang tahu niat seseorang walau dia berbuat kesalahan, dan akupun menyadari bahwa ini adalah perbuatan dosa, aku rela dan terus berbuat semaksimal mungkin agar aku bisa lulus, dan uang itu akan aku kembalikan, agar uang itu lebih berguna kedepannya.

hari demi hari berlalu, orang tua aku selalu ngabarin, "nak gimana belajarnya ? Usm STAN udah buka apa belom pendaftarannya ?" aku selalu menjawab "belum ada kabar mah, mama berdoa saja doakan anakmu yang terbaik ma" seminggu 2 kali nelfon dan selalu ngomongin itu dan sempet nanyaiin "masih ada uang apa belum? kalau gak ada mama kirim uangnya" aku pun selalu menjawab " mah, mama tidak usah pikirin uang, uang selalu di kirim kakak tiap bulan", ternyata aku berbohong lagi, sungguh banyak kebohongan yang selalu aku bilang ke orang tuaku, aku tidak mau sampai uang 25 juta itu ketahuan bahwa aku tidak menjalankan amananhnya. aku selalu berbohong kepadanya, hingga aku sempat nangis karena kebohongan itu. aku pengen aku lulus walau masuk kelas yang murah, dan mengembalikan uang itu buat adik-adikku sekolah. aku ingin membanggakannya walau aku sudah banyak berbohong.

aku sudah mengikuti bimbel hari demi hari kulalui, yup seminggu 3 kali pertemuan, dan di hari minggunya Try Out. alhamdulillah aku setiap mengikuti try out selalu Lulus, beda sama tahun kemaren, aku jarang banget lulus, kalaupun lulus yah nilai mati mepet-mepet amat. belum ada kabar dari STAN kapan bukanya pendaftaran, aku selalu menunggu pengumuman itu, hingga bulan ramadhan pun tiba, belum ada kabar sama sekali, aku jadi takut jika STAN tahun ini tidak menerima pendaftaran aku harus kuliah dimana ? kalau mau lanjut di teknik, biaya mahal lagi, dan teman-teman saya pun sudah semester 3 kayaknya, aku masih semester 1. rasa takut itu selalu hadir jika saya sendiri di kosan, selalu berpikir harus kemana, semangat belajar sudah mulai berkurang, mau baca buku pun sudah malas, orang-orang yang di bimbel pun udah pada pulang, karena pengumuman belum keluar juga, anak-anak yang lain udah pada kuliah, dan masih ada juga sih yang belajar di bimbel tapi cuma sedikit aja. karena pengumumannya belum jelas kapan pendaftarannya. Lebaran pun tiba, aku tidak mau pulang sebelum aku Lulus dari STAN, jadi aku lebaran di Bogor, tinggal sama temen aku. karena di kosan ga ada siapa-siapa, lebaran orang pada pulang kampung semua, jadi aku diajakin tuh nginep dirumahnya, sembari menunggu pengumuman USM, nah setelah Lebaran aku balik lagi tuh ke bintaro, yup ke kosan lagi tentunya, aku udah malas belajar, orang tuaku juga udah takut jika STAN tahun ini gak buka. sekali lagi kami hanya bisa berdoa bersama-sama, nah ini nih kalender yang aku corat-coret di dinding


maaf yah gambarnya ke blur, gak tau kenapa gak fokus wkwk, dibulan agustus yang aku lingkari itu sebenarnya tulisannya "semoga Usm STAN membuka pendaftarannya, sebenarnya banyak tulisannya tuh, ada doa-doa juga tentang STAN, karena saking takutnya aku melakukan itu tiap hari, selalu berdoa dan terus berdoa agar ada kabar baik tentang STAN, soalnya ada yang bilang STAN tahun 2015 gak menerima pendaftaran, ada yang bilang menerima, jadi aku bingung dan gelisah, kok di akhir-akhir perjalananku STAN tidak ada kabar, ini tahun terakhirku buat Ujian USM karena umurku udah gak cukup lagi. nah beberapa selang waktu kemudian, aku melihat info bahwa kabar baik itupun datang, ternyata tahun Ini STAN menerima pendaftaran, aku bangga dan bahagia akhirnya kabar baik itu datang juga, akupun jadi semangat untuk belajar kembali, pokoknya aku bahagia banget dah. dan ternyata STAN menerima pendaftaran di akhir bulan juli kalau gak salah, dan tes tertulis di bulan agustus, aku jadi giat tuh belajar dan tidak lupa ngabari ke orang tua bahwa kabar baik itu datang, aku tidak hanya belajar, aku juga berlatih untuk tes kebugaran, yah walau belum ada kepastian lulus apa tidaknya tes tertulis, tapi aku harus sedia payung sebelum hujan. hingga tahap verifikasi dimulai yah seperti biasa antri yang panjang, dan ujian semakin deket aja, aku sih agak takut yah, karena tahun terakhir, 

NAH!! yang ditunggu tunggu telah datang, yaitu tes tertulis, subuhnya aku nelfon orang tua aku lagi, minta restu dan doa agar dimudahkan, dan aku selalu sholat dan berdoa di setiap sujudku, bahwa kegagalan masa lalu, akan membawa kebahagiaan di kemudian hari. dan akhrnya kami kumpul terlebih dahulu di bimbel, agar perginya barengan sama anak lain, saat di perjalanan, aku tidak makan, perut ini kosong, dan aku pun tidak bisa tidur saat di bus, sampai di Gelora Bung Karno, saya muntah-muntah waduuhh parah amat pokoknya, kepala saya pusing dan mual, jadi saran saya sebelum berangkat itu harus makan terlebih dahulu, jangan seperti saya. dan alhamdulillah di GBK ada orang jualan, dan temen saya juga ngasih roti untuk mengganjal perut, akupun sudah agak mendingan, mual-mual itu sedikit hilang. nah, ini nih waktunya 15 menit lagi tesnya dimulai, aku melihat orang pada belajar semua, aku pokoknya tidak mau belajar, aku mau hal yang lain, ternyata di tas saya ada buku kecil surat yassin, nah aku mengaji aja deh di 15 terakhir, orang-orang di sekitarku pada melihat aku, tapi aku bodo amat haha, dan hati ini terasa tenang, dan damai. akhirnya tesnya pun dimulai. 
setelah tes tulis, aku melihat orang-orang keluar GBK pada nangis, mungkin soalnya susah atau apalah, dan memang saya akui soal itu bener-bener susah, tapi aku ikhlas aja serasa hari itu tak ada beban sama sekali, gak tau kenapa otakku serasa fresh. nah, aku kan tidak lupa tuh tandaiin soal mana saja yang aku isi, agar aku tau bener berapa dan salah berapa, tapi aku tidak mau mengoreksinya, takut down diluan ngeliat hasilnya. nah kami pun akhirnya kembali ke bimbel, parahnya orang-orang di bimbel pada ngoreksi, waduh aku jadi penasaran dan jadi takut, aku pulang aja deh ke kosan, dan kertas ujiannya aku simpen di lemari, biarkan menjadi kenangan. hehe, aku sorenya main ke kosan temen, dan ternyata disitu mereka pada meriksa bener apa kagak ujian tadi, ditambah ada tentor nya lagi bantuin, aku jadi panik. yasudah aku ikutan aja tuh ngoreksi, jeng-jengjeng ternyata TBI aku tidak lulus nilai mati, tapi itu belum aku periksa tuh soal ceritanya, makin panik dan aku patah semangat, kayaknya aku tidak lulus lagi, aku langsung pulang dan tidur di kosan, aku selalu menyendiri tuh di kosan, karena hasil yang saya peroleh :(, aku cuma selalu sholat dan berdoa agar aku bisa lulus, selalu minta doa kepada orang tua saya. orang tua saya satu-satunya hanya Ibu, bapak saya sudah meninggal sejak saya kelas 2 SD, dialah perempuan terhebat menurut saya. 

pengumuman tahap 1 ialah 2 minggu setelah USM, jadi aku disorenya tuh latihan kebugaran, agar saya sudah siap untuk tes tahap 2, tapi saya masih ragu jika saya lulus. karena aku sudah mengecek TBI aku kurang dari nilai mati. yah aku bertawakal ajalah serahkan semuanya hanya kepada Allah, aku yakin kok, dia pasti mengabulkan permintaan seorang hamba di saat yang tepat. ternyata ada kabar mengejutkan, pas aku pulang dari jogging, ternyata pengumuman sudah keluar, lagi-lagi pengumuman seminggu lebih cepat seperti tahun kemarin. setelah aku melihatnya di link yang disediakan oleh STAN, ternyata down, jadi gak kebuka deh. aku nanyaiin temen-temen yang digrup ternyata mereka gak bales, mungkin karena senangnya atau apalah aku gak tau. nah selang beberpa menit kemudian, temen aku ngechat ternyata aku


LULUS

aku tidak menyangka hal itu bisa terjadi, aku padahal sudah yakin pasti tidak lulus karena TBI aku, tapi tuhan berkata lain, Tuhan telah menjawab doaku. aku tidak percaya dan saking tidak percayanya aku ngecek sendiri di Linknya, ternyata bener-bener LULUS. aku sujud syukur di kosan, meneteskan air mata, aku tidak bisa berbuat apa-apa lagi, saking senangnya. aku tak lupa mengucap rasa syukur kepada Allah SWT yang telah mendengar doaku, aku sudah banyak berbohong kepada ibu saya, aku sangat bersalah. tapi semua itu ada tujuannya, karena aku tidak mau menjadi anak yang membebani orang tua, anak yang menyusahkan, dan aku memikirkan adik-adik aku buat sekolah, uang yang begitu banyak dikirim aku simpen dan sebagiannya aku pakai untuk biaya hidup aku disini hampir setahun, aku menelfon orang tua sambil nangis,orang tuaku ikut menangis, menangis bahagia, dia sangat senang dan bangga kepada saya, dan aku tak lupa pula menelfon kakak saya atas dukungannya, yup, kami beerdua memang sudah berbuat dosa, karena kami berbohong, perjalananku masih panjang, masih ada tes tahap 2 yaitu tes kebugaran, ceritanya sih biasa aja, tapi moment sedih saat tes kebugaran ialah saat aku keluar dari pintu gerbang gedung Bea Cukai di Rawamangun orang tua dari peserta melihat anak-anaknya saat tes, jalan terhalangi orang tua yang sangat perhatian banget sama anaknya, aku cuma bisa senyum bahagia dan memikirkan andaikan ada orang tua aku disini melihat saya dengan bangganya bahwa aku bisa sampai di titi ini, aku sudah sangat senang. tapi aku bukan anak yang manja, jadi aku dengan semangatnya mengikut tes tahap 2. 

Aku pulang ke kampung halaman, yup di Palu, Sulawesi Tengah. aku menunggu tes tahap 2 di kampung halaman aja, kalau aku di bintaro mungkin biaya lagi yang keluar. nah uang 25 juta itu masih tersisa 16 juta lebih, sebenernya 17 juta, karena sudah dibeliin tiket yah jadi segitu, aku berbohong lagi sama orang tua, aku bilangnya uang tiket udah di bayarin sama kakak saya. astagfirullah, dosa bertambah lagi. sesampai dirumah, aku memeluk erat ibu saya, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya, berkat doanya aku bisa sampai saat ini. dan dia pun menangis bahagia melihat saya sudah berusaha sampai tidak pulang puasa dan lebaran di kampung halamannya, aku akan jujur ngomongin masalah uang itu saat pengumuman tahap 2 udah keluar. nah hari demi hari telah berlalu, aku sudah membeli semua peralatan buat kuliah, seperti kemeja dan sepatu, padahal pengumumannya belum keluar, saking percaya dirinya. nah saat pulang dirumah, aku istirahat sebentar dan malamnya terbangun, ternyata pengumumannya malam keluarnya. nah ini nih pengumumannya

nah nama saya Ardiansyah Sue, saya di tempatkan pendidikannya di Palembang, dan aku sangat bersyukur impian saya masuk di jurusan Pajak bisa tercapai, dan ibu saya tambah kwatir, Palu-Palembang itu jauh, ujung ke ujung hhe, sembari canda tawa bersama orang tua saya, dan di saat yang tepat malam yang begitu damai, dan sangat luar biasa aku pun jujur bahwa saya membohonginya, aku mengembalikan uangnya 16 juta, dan dia menangis lagi dan akupun tertawa, aku jujur dan menceritakan semuanya dari awal sampai akhir, dan aku bangga pada diriku dan aku bangga sama orang tuaku dan diapun memelukku dengan erat. 
I Love You Mom :) 


itulah sedikit perjuangan saya masuk STAN, nah sedih bahagia pun kurasakan dan kulalui. aku sadar aku hanyalah pendosa tapi tuhan tetap saja memberikan apa yang saya mau. aku sangat malu kepadanya, tapi terima kasih ya-Allah, kau menjawab doaku dan menempatkanku disini. 

"kamu boleh kehilangan orang yang kamu cintai, teman yang kamu miliki, kehilangan segalanya dalam hidupmu, tapi, jangan pernah kehilangan dirimu sendiri, bagaimana bisa kamu mengatakan tidak bisa, padahal kamu belum mencobanya, pikiranmu menentukan segalanya"

Semangat Calon STANNERS!!!!


Ardiansyah Sue
D1 Perpajakan, Balai Diklat Keuangan Palembang.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

44 komentar:

  1. mas 25 januari tanggal jadian mantan sama ama doi atau gebetannya ? kwwk #peace

    BalasHapus
  2. Boljug ka, semoga adikmu ini bisa:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin ya allah, tetapp semangat dek, jangan lupa berdoa

      Hapus
  3. Wahh hebat ya kakak, selamat ya kak impiannya tercapai,

    Tpi seenggaknya kaka ikut Bimbel, sedangkan saya gak ikut sama sekali --" , saya mau ikut, tapi saya gak mau nyusahin ke 2 ortu lagi, soalnya saya SMP&SMK Swasta terus --" ,

    Jadi saya cuma belajar lewat buku stan& Grup FB, itu juga saya blajar kurang dari sebulan sampe menuju ujian tertulisnya--" saya jdi gk yakin --"

    Tpi, berdoa ajah lah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sih kalau mnurut kakak, bukan masalah bimbel atau tidaknya, yang penting semangat dan kerja keras dan doa yang di perbanyak. kembali ke niat kita dek hhe. bimbel gak menjamin, mahal atau tidaknya gak mengukur lulus atau tidaknya dek, kakak aja ngambil yang murah hehe

      Hapus
  4. Wah, ngomong2 masalah bimbel kok mahal amat. Kalo saya dulu gak bimbel gan. Cuma beruntung aja dan udah takdirnya kali yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup emang takdir bro hhe, namanya jga orang tua maunya anaknya yang terbaik bro, tapi kembali ke awal bukan masalah bimbelnya, niat dan usaha lagi hhe

      Hapus
  5. Baper kak. Semoga kita bisa nyusul kakak

    BalasHapus
  6. Baper kak. Semoga kita bisa nyusul kakak

    BalasHapus
  7. baper pas pengembalian uang k mama hehe, smg bisa nyusul kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn, semangat yah dek. Semoga lulus dan jadi punggawa keuangan

      Hapus
  8. Baper banget kak, minta do'anya ya kak biar bisa nyusul ke kampus ali wardana thun ini, amiinn
    Bismillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ditiru yah bohongin orang tuanya hehe. Semangay dan banyak latihan, trus doanya di perbanyak. Sholat malam jangan lupa. Semoga lulus dek.

      Hapus
  9. Sedih tapi termotivasi:') diah juga mikir kayaknya TBI gak nyampe nilai mati tapi coba optimis. Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk diah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat buat kalian!!! :)) ingat Allah pasti tau kok apa yang kalian butuhkan

      Hapus
  10. Baper kak bacanya, dan juga termotivasi bahwa keajaiban Allah sangat amat luar biasa :) selamat buat kakak yg udah tercapai impian nya :) kak doakan saya yah semoga bisa nyusul ke kampus impian itu tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah, semoga impianmu masuk STAN bisa tercapai yah. banyak belajar aja dan ibadah. jangan lupa doa orang tua sangat manjur loh :) semangat !!

      Hapus
  11. wwiihhh keren kakak tingkat di BDK ini... saluuttt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah wah akhirnya udah lulus juga yahhh wkw selamat datang di kampus ali wardhana. dan selamat datang di kosan joko

      Hapus
  12. Menetes air mataku kanda hahaha

    BalasHapus
  13. Menetes air mataku kanda hahaha

    BalasHapus
  14. Kak. Penempatan pendidikan ditentukan pihak kampus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dek. dan tergantung dimana kalian tes dek.

      Hapus
  15. Huffttt jadi baper saya malem malem gini jadi pen coba lagi kak
    Bismillah ya Allah

    #maafyastalk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semangat yaaa USM udh gak lama lagi

      Hapus
  16. Saya pengen shareing ttg stan. Boleh minta kontak nya.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh hehe. adanya id line : ardiansyah.sue

      Hapus
  17. Saya pengen shareing ttg stan. Boleh minta kontak nya.. ?

    BalasHapus
  18. Bener tuh kan, bisa minta kontak nya ga? Saya masih sma kelas 3 dan pengen masuk stan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh, adanya id line dek : ardiansyah.sue

      Hapus
  19. Bener tuh kan, bisa minta kontak nya ga? Saya masih sma kelas 3 dan pengen masuk stan

    BalasHapus
  20. pengalaman kaka bikin haru :') ... berarti kak, nilai mati itu belum tentu nentuin lulusnya ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo sheila, nilai mati itu belum tentu nentuin kita lulus sampai tahap akhir dek, tapi insyaallah 50% kelulusan udah di tangan

      Hapus
  21. Pngen banget masuk stan, kalok tekad dan niat itu gak usah di tanya lagi tapi semangat buat blajarnya itu kadang kadang ilang. Gmna kak bisa tolong cariin solusinnya?

    BalasHapus
  22. aamiin, jadi bagaimana hasilnya ?

    BalasHapus
  23. Aku juga sukses masuk PKN STAN, padahal nilai ku pas-pasan, tapi pas aku coba bimbel online pkn stan https://soalstan.com/ aku berhasil masuk pkn stan..

    maaf bukan promosi ya, cuma curhat..

    Semangattt :)

    BalasHapus
  24. saya dulu ikut bimbel PKN STAN, dan skrg bsa online juga belajarnya jd lebih santai dan asik.

    BalasHapus